Pengaruh Self-Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3728Abstract
Argumen penelitian ini didasari oleh asumsi bahwa self-management mempengaruhi prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Didesain dalam bentuk penelitian kuantitatif kausalitas, data dikumpulkan dari 71 orang responden yang terdiri dari laki-laki sebanyak 12,6% dan perempuan 87,3% dengan rentang usia 21-29 tahun. Responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengumpulkan data, digunakan angket yang pertanyaannya mencakup informasi biografi responden serta dua skala pengukuran self-management dan prokrastinasi akademik. Data dianalisis berdasarkan rumus regresi linear sederhana. Kajian ini menemukan tingkat self-management mahasiswa sangat variatif. Sebanyak 17 % berkategori tinggi, 75% berkategori sedang, dan 8% berkategori rendah. Demikian pula prokrastinasi akademiknya, 15% berkategori tinggi, 62% berkategori sedang dan 23% berkategori rendah. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa t hitung > t tabel = 4,926 > 2.000 dengan nilai Sig 0.000 < 0.05 dengan pengaruh sebesar 0,260 atau 26,0%. Uji statistik ini menguatkan argumen bahwa self-management berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi akademik dalam penyelesaian kuliah.Downloads
Published
2022-02-20
How to Cite
Siregar, M., Fitria, S., & Ema Damayanti. (2022). Pengaruh Self-Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 403–409. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3728
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mawardi Siregar, Syiva Fitria, Ema Damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).