Hubungan Stres Kerja Dengan Kepuasan Hidup Dosen Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Junaidin jul Universitas Teknologi Sumbawa
  • Nurul Adilah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Roni Hartono Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3724

Abstract

Fenomena COVID-19 memberikan dampak pada semua sektor kehidupan, diantaranya adalah sektor pendidikan. Kegiatan belajar-mengajar dilakukan dari rumah. Perubahan situasi yang mendadak ini menjadi sumber stres kerja yang dirasakan oleh dosen. Hal ini menjadi perhatian karena dapat mempengaruhi kepuasan hidup dosen. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stres kerja dengan kepuasan hidup dosen Universitas Teknologi Sumbawa di masa pandemi COVID-19. Sebanyak 58 dosen diambil sebagai sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dua pengukuran psikologi digunakan untuk memperoleh data dari 58 dosen, yaitu skala stres kerja dan skala kepuasan hidup yang diadaptasi dari The Satisfaction with Life Scale oleh Diener, et al. (1985). Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar -0.406 dengan nilai signifikansi sebesar 0.002 (<0.005), yang berarti terdapat hubungan negatif yang signifikan antara stres kerja dengan kepuasan hidup dosen Universitas Teknologi Sumbawa di masa pandemi COVID-19. Artinya, stres kerja dosen yang tinggi akan diikuti dengan kepuasan hidup yang rendah.

Downloads

Published

2022-02-19

How to Cite

jul, J., Nurul Adilah, & Roni Hartono. (2022). Hubungan Stres Kerja Dengan Kepuasan Hidup Dosen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 394–402. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3724