Hubungan Stres Kerja Dengan Kepuasan Hidup Dosen Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3724Abstract
Fenomena COVID-19 memberikan dampak pada semua sektor kehidupan, diantaranya adalah sektor pendidikan. Kegiatan belajar-mengajar dilakukan dari rumah. Perubahan situasi yang mendadak ini menjadi sumber stres kerja yang dirasakan oleh dosen. Hal ini menjadi perhatian karena dapat mempengaruhi kepuasan hidup dosen. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stres kerja dengan kepuasan hidup dosen Universitas Teknologi Sumbawa di masa pandemi COVID-19. Sebanyak 58 dosen diambil sebagai sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dua pengukuran psikologi digunakan untuk memperoleh data dari 58 dosen, yaitu skala stres kerja dan skala kepuasan hidup yang diadaptasi dari The Satisfaction with Life Scale oleh Diener, et al. (1985). Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar -0.406 dengan nilai signifikansi sebesar 0.002 (<0.005), yang berarti terdapat hubungan negatif yang signifikan antara stres kerja dengan kepuasan hidup dosen Universitas Teknologi Sumbawa di masa pandemi COVID-19. Artinya, stres kerja dosen yang tinggi akan diikuti dengan kepuasan hidup yang rendah.Downloads
Published
2022-02-19
How to Cite
jul, J., Nurul Adilah, & Roni Hartono. (2022). Hubungan Stres Kerja Dengan Kepuasan Hidup Dosen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 394–402. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3724
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Junaidin jul, Nurul Adilah , Roni Hartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).