Pengaruh Kualitas Persahabatan Dan Harga Diri Terhadap Kebahagiaan Pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3695Abstract
Kebahagiaan merupakan hak semua orang. Kebahagiaan memiliki peran penting dalam lingkungan pendidikan khususnya bagi individu yang sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas persahabatan dan harga diri terhadap kebahagiaan pada mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah 198 mahasiswa dengan teknik non probability sampling. Pengumpulan data menggunakan Oxford Happiness Questionnaire (OHQ), Friendship Quality (FQUA), dan Self Esteem Inventory (SEI). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas persahabatan dan harga diri secara bersama-sama berperan mempengaruhi kebahagiaan mahasiswa (F= 43.962, R= 0.311, p<0.05). Subjek berada pada kategori sedang pada variabel kualitas persahabatan, harga diri dan kebahagiaan.Downloads
Published
2022-02-18
How to Cite
Indria Galuh Hapsari, & Ima Fitri Sholichah. (2022). Pengaruh Kualitas Persahabatan Dan Harga Diri Terhadap Kebahagiaan Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 383–387. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3695
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Indria Galuh Hapsari, Ima Fitri Sholichah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).