Analisis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Dalam Menyelesaikan Masalah Statistik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3586Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena ketrampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan ketrampilan yang harus dmiliki oleh lulusan tingkat pendidikan sarjana sehingga perlu diketahui tingkat pencapaiannya oleh pendidik (dosen) untuk dikembangkan. Salah satu indikator yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat HOTS mahasiswa adalah dengan melakukan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) dalam menyelesaikan soal HOTS (high order thinking skills) pada matakuliah statistik. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik analisis isi. Subyek penelitian ini adalah 10 mahasiswa program studi PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) dan 23 mahasiswa program studi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) FKIP Universitas Panca Marga (UPM). Analisis data dilakukan dengan indikator tes soal statistik HOTS yang terdiri atas 1 soal level analisis, 1 soal level evaluasi, dan 1 soal level mencipta. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada mahasiswa program studi PPKn FKIP UPM, terdapat 30 % mahasiswa memiliki HOTS tinggi, 60 % mahasiswa memiliki HOTS sedang, dan 10 % mahasiswa memiliki HOTS rendah. Pada mahasiswa program studi PGSD FKIP UPM, terdapat 25 % mahasiswa memiliki HOTS tinggi, 58 % mahasiswa memiliki HOTS sedang, dan 17 % mahasiswa memiliki HOTS rendah. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Panca Marga memiliki penguasaan aspek-aspek HOTS dalam memecahkan masalah statistik tetapi belum merata, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkannya.Downloads
Published
2022-02-02
How to Cite
Nurul Saila. (2022). Analisis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Dalam Menyelesaikan Masalah Statistik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 288–293. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3586
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurul Saila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).