Analisis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Dalam Menyelesaikan Masalah Statistik

Authors

  • Nurul Saila Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3586

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena ketrampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan ketrampilan yang harus dmiliki oleh lulusan tingkat pendidikan sarjana sehingga perlu diketahui tingkat pencapaiannya oleh pendidik (dosen) untuk dikembangkan. Salah satu indikator yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat HOTS mahasiswa adalah dengan melakukan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) dalam menyelesaikan soal HOTS (high order thinking skills) pada matakuliah statistik. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik analisis isi. Subyek penelitian ini adalah 10 mahasiswa program studi PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) dan 23 mahasiswa program studi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) FKIP Universitas Panca Marga (UPM). Analisis data dilakukan dengan indikator tes soal statistik HOTS yang terdiri atas 1 soal level analisis, 1 soal level evaluasi, dan 1 soal level mencipta. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada mahasiswa program studi PPKn FKIP UPM, terdapat 30 % mahasiswa memiliki HOTS tinggi, 60 % mahasiswa memiliki HOTS sedang, dan 10 % mahasiswa memiliki HOTS rendah. Pada mahasiswa program studi PGSD FKIP UPM, terdapat 25 % mahasiswa memiliki HOTS tinggi, 58 % mahasiswa memiliki HOTS sedang, dan 17 % mahasiswa memiliki HOTS rendah. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Panca Marga memiliki penguasaan aspek-aspek HOTS dalam memecahkan masalah statistik tetapi belum merata, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkannya.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Nurul Saila. (2022). Analisis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Dalam Menyelesaikan Masalah Statistik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 288–293. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3586