Hubungan Proses Bimbingan Akademik Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3573Abstract
Edukasi adalah sebuah interaksi yang dilakukan dalam bentuk pembelajaran. Pada tingkat universitas, prestasi belajar yang ditempuh mahasiswa di tiap semester ditunjukkan dengan Indeks Prestasi (IP). Indeks Prestasi ada yang bersifat tiap semester (IPS) ada pula yang secara kumulatif dari seluruh semester yang sudah ditempuh (IPK). Setiap mahasiswa selama masa studi meiliki satu orang dosen pendamping untuk mengarahkan dan memberikan solusi terkait urusan akademik yang disebut dosen Pembimbing Akademik (PA). Di Universitas Muhammadiyah Surakarta, dosen PA bertugas didasari SK Rektor untuk memberikan konsultasi akademik kepada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan proses bimbingan akademik dengan indeks prestasi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan desain penelitian studi korelasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah tidak adanya korelasi antara proses bimbingan akademik dengan indeks prestasi mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor yang terjadi selama proses perkuliahan. Dapat disimpulkan bahwa indeks prestasi dapat menurun maupun meningkat tergantung dengan motivasi belajar pada mahasiswa serta faktor lain.Downloads
Published
2022-02-02
How to Cite
Pristianto, A., Khaerani, D. L., & Farid Rahman. (2022). Hubungan Proses Bimbingan Akademik Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 281–287. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3573
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Arif Pristianto, Diyah Luthfika Khaerani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).