Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3560Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganlisis kurikulum baru yaitu kurikulum prototipe yang akan digunakan oleh semua instansi pendidikan seluruh Indonesia. Kurikulum ini merupakan transformasi dari kurikulum-kurikulum yang pernah berkembang di Indonesia. Tolak ukur yang digunakan untuk menilai dan meninjau kurikulum prototipe ialah dengan menggunakan pendekatan intergrasi-interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah kurikulum prototipe merupakan solusi dari pemulihan pembelajaran yang terjadi akibat pandemic Covid-19? Apakah kurikuklum prototipe hanyalah kurikulum baru yang konten, isi, tujuan, dan visinya sama dengan kurikulum sebelumnya? Dengan menggunakan pendekatan integrasi-interkoneksi Prof M Amin Abdullah merupakan sebuah pendekatan baru dalam membantu memecahkan persoalan yang sedang terjadi di masyarakat melalui integrasi keilmuan. Artinya hubungan antara disiplin ilmu yang satu dengan yang lainnya mengalami keterkaitan bukan malah saling bermusuhan satu sama lain. Apakah kurikulum prototipe adalah jawaban yang tepat bagi peserta didik untuk membantu dalam meraih cita-citanya, menjadi penerus bangsa, dan memecehkan persoalan yang semakin kompleks? Metode penelitian yang digunakan ialah dengan metode kepustakaan atau library research sifatnya kualitatif deskriptif dengan pendekatan integrase-interkoneksi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kurikulum prototipe merupakan kurikulum baru yang sangat tepat untuk diberlakukan di tengah perkembangan zaman yang begitu kompleks.Downloads
Published
2022-02-01
How to Cite
Mohammad Aristo Sadewa. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 266–280. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3560
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mohamaad Aristo Sadewa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).