Efektifitas Pembelajaran Online Pendidikan PAUD Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Kelurahan Sukorejo Blitar

Authors

  • Winarto Universitas Islam Balitar
  • Ruly Budiyanto IAI Pangeran Diponegoro
  • Hanes Puji Pangestu IAI Pangeran Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3559

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran online yang dilakukan oleh pendidik PAUD di tengah pandemi Covid 19 di Kelurahan Sukorejo Kota  Blitar. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survey deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah pendidik PAUD se Kelurahan Sukorejo. Responden pada penelitian ini sebanyak 95 responden dan dilakukan mulai bulan Agustus - September tahun 2021. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data  intervew dan angket. Hasil temuan penelitian efektivitas pembelajaran online pada PAUD di tengah pandemi Covid 19 belum berjalan secara efektif. Ditemukan pula bahwa masih ada pendidik PAUD yang tidak menjalankan pembelajaran di tengah pandemi Covid 19 dengan online. Ini dipicu oleh para pendidik PAUD yang belum mahir menggunakan aplikasi pembelajaran online. Metode pembelajaran yang digunakan masih dominan pemberian tugas kepada peserta didik yang lebih banyak melibatkan peran orang  tua. Banyak pendidik PAUD yang tidak setuju dengan pembelajaran online karena tidak efektif dan tidak semua orang tua yang memiliki Laptop atau HP untuk pembelajaran online.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Winarto, Ruly Budiyanto, & Hanes Puji Pangestu. (2022). Efektifitas Pembelajaran Online Pendidikan PAUD Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Kelurahan Sukorejo Blitar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 259–265. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3559