Perubahan Budaya Organisasi Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu

Authors

  • Nur Fitriani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Akhmad Muadin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan budaya organisasi pendidikan dalam pembentukan karakter siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova Samarinda, keberhasilan budaya organisasi sekolah untuk membentuk karakter siswa serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan budaya sekolah. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data yang diperoleh melalui wawancara dengan empat informan, ditambah dengan data pendukung yang diperoleh dalam observasi dan dokumentasi. yang digunakan sebagai data pendukung dalam menganalisis karakter siswa. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kegiatan pembiasaan sebagai suatu perubahan budaya organisasi yang diterapkan di sekolah tersebut, diantaranya budaya religius, disiplin, dan gemar membaca yang berperan penting dalam pembentukan karakter siswa. Faktor-faktor pendukung penerapan budaya organisasi sekolah adalah kebersamaan dan kekeluargaan antar warga sekolah serta keikutsertaan stakeholders dalam penerapan budaya sekolah. Sedangkan faktor-faktor penghambat yang dihadapi guru dan kepala sekolah dalam menerapkan budaya sekolah untuk pembentukan karakter siswa adalah perbedaan karakter siswa dan faktor lingkungan dan keluarga yang melatarbelakangi karakter siswa. 

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Nur Fitriani, & Akhmad Muadin. (2022). Perubahan Budaya Organisasi Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 234–242. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3556