Pengembangan Bahan Ajar Booklet Berbasis Kontekstual Pada Materi Sumber Energi Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3481Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota Kediri, dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan buku paket (BSE) yang hanya terdapat tulisan kecil-kecil dan padat dengan sedikit diagram serta gambar yang terkesan kaku, dan isi dalam buku paket (BSE) hanya terdapat soal latihan-latihannya saja. Sehingga siswa memiliki minat membaca yang rendah dan kesulitan untuk memahami materi saat proses pembelajaran. Dengan adanya bahan ajar booklet diharapkan mampu memberi wawasan tentang sumber energi dan membuat siswa minat untuk membacanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan menggunakan bahan ajar booklet berbasis kontekstual pada materi sumber energi untuk siswa kelas IV. Metode penelitian ini menggunakan Research And Development (Penelitian dan Pengembangan). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalam model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah prosedur dari model ADDIE terdiri dari langkah Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan media, angket kepraktisan guru dan siswa, dan tes tulis/soal evaluasi. Data hasil validasi, angket dan tes tulis menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar booklet adalah (1) bahan ajar booklet dikatakan valid dengan memperoleh persentase dari ahli bahan ajar sebesar 89%. Sedangkan hasil dari ahli materi sebesar 88% (2) bahan ajar booklet dikatakan praktis dengan memperoleh hasil dari angket guru sebesar 90% dan angket respon siswa sebesar 91% (3) bahan ajar booklet dikatakan efektif setelah di uji coba terbatas dengan memberikan soal post-test memperoleh hasil 96% sehingga bahan ajar booklet tersebut dapat dikatakan efektif untuk digunakan. Kata kunci: Bahan Ajar, Bahan Ajar Booklet, Materi Sumber EnergiDownloads
Published
2022-01-25
How to Cite
Azhari, S. A. A. D., Bagus Amirul Mukmin, & Dhian Dwi Nur Wenda. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Booklet Berbasis Kontekstual Pada Materi Sumber Energi Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 159–164. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3481
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Sopyan Azhari Assi Diki Azhari, Bagus Amirul Mukmin, Dhian Dwi Nur Wenda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).