Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Bahasa Indosesia Sekolah Dasar

Authors

  • Arum Fatayan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Viras Dwi Cahyani Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3461

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu untuk mengetahui efektivitas pembelajaran jarak jauh dalam kemampuan membaca menulis permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas 1 di SDN Harapan Jaya XVIII. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif artinya penelitian mengacu pada pengumpulan data yang dilakukan wawancara secara langsung oleh informan. Jumlah informan yang diambil oleh peneliti yaitu 1 Kepala Sekolah, 2 Guru, 1 Siswa dan 1 Orang Tua. Cara untuk memperoleh data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi (Triangulasi).  Dalam analisis yang terdapat pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, rejuksi data, penyajian data triangulasi data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian di lapangan secara langsung dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan saat ini cukup efektif meskipun ada faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya, seperti yang sudah dipaparkan oleh peneliti dalam analisis data terutama faktor penghambat sebagai pemicu efektivitas pembelajaran jarak jauh salah satunya tidak semua siswa mempunyai teknologi ini yang melatarbelakangi proses kegiatan belajar saat berlangsung banyak yang tertinggal informasi saat guru memberikan materi pembelajaran.

Downloads

Published

2022-01-24

How to Cite

Arum Fatayan, & Viras Dwi Cahyani. (2022). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Bahasa Indosesia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 132–138. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3461