Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Bahasa Indosesia Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3461Abstract
Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu untuk mengetahui efektivitas pembelajaran jarak jauh dalam kemampuan membaca menulis permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas 1 di SDN Harapan Jaya XVIII. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif artinya penelitian mengacu pada pengumpulan data yang dilakukan wawancara secara langsung oleh informan. Jumlah informan yang diambil oleh peneliti yaitu 1 Kepala Sekolah, 2 Guru, 1 Siswa dan 1 Orang Tua. Cara untuk memperoleh data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi (Triangulasi). Â Dalam analisis yang terdapat pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, rejuksi data, penyajian data triangulasi data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian di lapangan secara langsung dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan saat ini cukup efektif meskipun ada faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya, seperti yang sudah dipaparkan oleh peneliti dalam analisis data terutama faktor penghambat sebagai pemicu efektivitas pembelajaran jarak jauh salah satunya tidak semua siswa mempunyai teknologi ini yang melatarbelakangi proses kegiatan belajar saat berlangsung banyak yang tertinggal informasi saat guru memberikan materi pembelajaran.Downloads
Published
2022-01-24
How to Cite
Arum Fatayan, & Viras Dwi Cahyani. (2022). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Bahasa Indosesia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 132–138. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3461
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Arum Fatayan, Viras Dwi Cahyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).