Pengembangan Media Kotak Nusantara Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Desi Maharani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Abdul Aziz Hunaifi Univerisitas Nusantara PGRI Kediri
  • Frans Aditia Wiguna Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3451

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi di SDN Lirboyo 1 Kota Kediri yang menunjukkan belum adanya pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran PPKn materi keberagaman suku bangsa sehingga media yang digunakan bersifat monoton dan hanya buku guru dan buku siswa. Oleh karena itu dibutuhkan solusi berupa pengembangan media pembelajaran yang inovatif yang mampu memotivasi siswa untuk belajar. Dari analisis kinerja perlu dikembangkan media pembelajaran visual tiga dimensi pada pelajaran PPKn materi keberagaman suku bangsa yang diberi nama Media Kotak Nusantara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas media, materi, respon dari guru dan siswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangkan dengan konsep ADDIE. Produk media pembalajaran visual tiga dimensi pada materi keberagaman suku bangsa setelah melakukan validasi ahli media dan ahli materi, hasilnya memenuhi kriteria kevalidan media berdasarkan tabel kriteria kevalidan. Diperoleh data hasil validasi media jika persentase 81% - 100% termasuk dalam kriteria sangat valid dan sangat baik digunakan, sedangkan analisis data validasi ahli media menunjukkan 96%, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kotak nusantara sangat baik digunakan. Sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 92%, jadi disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat valid. Hasil uji kepraktisan memperoleh persentase 94% yang menunjukkan bahwa pada media praktis untuk digunakan.

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Desi Maharani, Abdul Aziz Hunaifi, & Frans Aditia Wiguna. (2022). Pengembangan Media Kotak Nusantara Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 109–112. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3451