Pengembangan Media Kotak Nusantara Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3451Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi di SDN Lirboyo 1 Kota Kediri yang menunjukkan belum adanya pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran PPKn materi keberagaman suku bangsa sehingga media yang digunakan bersifat monoton dan hanya buku guru dan buku siswa. Oleh karena itu dibutuhkan solusi berupa pengembangan media pembelajaran yang inovatif yang mampu memotivasi siswa untuk belajar. Dari analisis kinerja perlu dikembangkan media pembelajaran visual tiga dimensi pada pelajaran PPKn materi keberagaman suku bangsa yang diberi nama Media Kotak Nusantara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas media, materi, respon dari guru dan siswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangkan dengan konsep ADDIE. Produk media pembalajaran visual tiga dimensi pada materi keberagaman suku bangsa setelah melakukan validasi ahli media dan ahli materi, hasilnya memenuhi kriteria kevalidan media berdasarkan tabel kriteria kevalidan. Diperoleh data hasil validasi media jika persentase 81% - 100% termasuk dalam kriteria sangat valid dan sangat baik digunakan, sedangkan analisis data validasi ahli media menunjukkan 96%, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kotak nusantara sangat baik digunakan. Sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 92%, jadi disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat valid. Hasil uji kepraktisan memperoleh persentase 94% yang menunjukkan bahwa pada media praktis untuk digunakan.Downloads
Published
2022-01-22
How to Cite
Desi Maharani, Abdul Aziz Hunaifi, & Frans Aditia Wiguna. (2022). Pengembangan Media Kotak Nusantara Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 109–112. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3451
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Desi Maharani, Abdul Aziz Hunaifi, Frans Aditia Wiguna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).