Desain Didaktis pada Tema Udara Bersih bagi Kesehatan Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih untuk Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Eva Yogie Novianti Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Murjainah Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain didaktis pembelajaran materi yang terdapat pada tema udara bersih bagi kesehatan subtema cara tubuh mengolah udara bersih berdasarkan identifikasi learning obstacle (LO) peserta didik kelas V SD Negeri 89 Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan learning obstacle dan anlisis terhadap learning trajectory. Metode penelitian yang dilakukan adalah didactical design research. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, pengujian tes tertulis. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verfikasi. Berdasarkan tahap analisis prospektif teridentifikasi beberapa LO yaitu, organ pernapasan pada hewan dan manusia, menandai informasi penting dari teks bacaan, tanggung jawab sebagai masyarakat, jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat, tangga nada. Berdasarkan temuan LO dan HLT yang dibuat, dirancanglah desain didaktis yang terdiri dari lima tujuan pembelajaran untuk tiga pertemuan. Pada pertemuan pertama terdiri dari dua tujuan pembelajaran yaitu pada materi IPA dan Bahasa Indonesia. Pada pertemuan kedua terdiri dari dua tujuan pembelajaran yaitu pada materi PKN dan IPS. Untuk pertemuan ketiga yaitu pada materi SBdP. Setelah implementasi desain didaktis pada analisis metapedadidaktik diperoleh bahwa LO yang terjadi pada saat tes identifikasi akhir menurun dibandingkan pada saat tes diagnostik. Analisis retrospektif menjabarkan LO yang dialami siswa setelah implementasi desain didaktis kemudian dilakukan revisi dan diperoleh desain didaktis empiris.

Downloads

Published

2022-01-12