Desain Didaktis pada Tema Udara Bersih bagi Kesehatan Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih untuk Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3375Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain didaktis pembelajaran materi yang terdapat pada tema udara bersih bagi kesehatan subtema cara tubuh mengolah udara bersih berdasarkan identifikasi learning obstacle (LO) peserta didik kelas V SD Negeri 89 Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan learning obstacle dan anlisis terhadap learning trajectory. Metode penelitian yang dilakukan adalah didactical design research. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, pengujian tes tertulis. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verfikasi. Berdasarkan tahap analisis prospektif teridentifikasi beberapa LO yaitu, organ pernapasan pada hewan dan manusia, menandai informasi penting dari teks bacaan, tanggung jawab sebagai masyarakat, jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat, tangga nada. Berdasarkan temuan LO dan HLT yang dibuat, dirancanglah desain didaktis yang terdiri dari lima tujuan pembelajaran untuk tiga pertemuan. Pada pertemuan pertama terdiri dari dua tujuan pembelajaran yaitu pada materi IPA dan Bahasa Indonesia. Pada pertemuan kedua terdiri dari dua tujuan pembelajaran yaitu pada materi PKN dan IPS. Untuk pertemuan ketiga yaitu pada materi SBdP. Setelah implementasi desain didaktis pada analisis metapedadidaktik diperoleh bahwa LO yang terjadi pada saat tes identifikasi akhir menurun dibandingkan pada saat tes diagnostik. Analisis retrospektif menjabarkan LO yang dialami siswa setelah implementasi desain didaktis kemudian dilakukan revisi dan diperoleh desain didaktis empiris.Downloads
Published
2022-01-12
How to Cite
Eva Yogie Novianti, Nyiayu Fahriza Fuadiah, & Murjainah. (2022). Desain Didaktis pada Tema Udara Bersih bagi Kesehatan Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 72–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3375
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eva Yogie Novianti, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Murjainah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).