Hubungan antara Faktor Internal dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3320Abstract
Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan faktor internal belajar siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta. Selain itu, untuk mendeskripsikan hasil belajar Biologi siswa selama pembelajaran daring. Selanjutnya, untuk menganalisis hubungan antara faktor internal belajar dan hasil belajar Biologi siswa. Metode penelitian menggunakan metode survei yang dilaksanakan pada Juli-Oktober 2021. Sampel berjumlah 148 responden dari Kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, dan XI MIPA 4. Data berupa faktor internal dan hasil belajar Biologi yang dianalisis secara statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika inferensial menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman karena data tidak berdistribusi normal. Faktor internal yang dominan di Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta secara berurutan adalah faktor kesehatan=faktor motivasi > faktor minat > faktor kebugaran > faktor bakat. Hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta berada di atas KKM dengan skor rerata 76.13. Terdapat hubungan/korelasi positif antara faktor internal dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta. Rendahnya nilai koefisien korelasi kemungkinan disebabkan oleh faktor lain di luar faktor internal belajar siswa.Downloads
Published
2022-01-07
How to Cite
Andriyan Ino Ponto, Fajar Adinugraha, & Riska Septia Wahyuningtyas. (2022). Hubungan antara Faktor Internal dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 46–52. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3320
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Andriyan Ino Ponto ,Fajar Adinugraha, Riska Septia Wahyuningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).