Hubungan antara Faktor Internal dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Andriyan Ino Ponto Universitas Kristen Indonesia
  • Fajar Adinugraha Universitas Kristen Indonesia
  • Riska Septia Wahyuningtyas Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3320

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan faktor internal belajar siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta. Selain itu, untuk mendeskripsikan hasil belajar Biologi siswa selama pembelajaran daring. Selanjutnya, untuk menganalisis hubungan antara faktor internal belajar dan hasil belajar Biologi siswa. Metode penelitian menggunakan metode survei yang dilaksanakan pada Juli-Oktober 2021. Sampel berjumlah 148 responden dari Kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, dan XI MIPA 4. Data berupa faktor internal dan hasil belajar Biologi yang dianalisis secara statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika inferensial menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman karena data tidak berdistribusi normal. Faktor internal yang dominan di Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta secara berurutan adalah faktor kesehatan=faktor motivasi > faktor minat > faktor kebugaran > faktor bakat. Hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta berada di atas KKM dengan skor rerata 76.13. Terdapat hubungan/korelasi positif antara faktor internal dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta. Rendahnya nilai koefisien korelasi kemungkinan disebabkan oleh faktor lain di luar faktor internal belajar siswa.

Downloads

Published

2022-01-07

How to Cite

Andriyan Ino Ponto, Fajar Adinugraha, & Riska Septia Wahyuningtyas. (2022). Hubungan antara Faktor Internal dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 46–52. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3320