Pendidikan Lingkungan Melalui Program Bank Sampah Sejahtera Sebagai Kepedulian Terhadap Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3104Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keperdulian masyarakat terhapat lingkungan melalui program Bank Sampah Sejahtera sebagai pendidikan lingkungan masyarakat di desa Salam, Gebang, Purworejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan cara mengumpulkan data-data yang bersumber dari hasil wawancara, catatan lapangan, video, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan desa Salam telah mulai menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk peduli dengan sampah. Penanganan dan pengelolaan sampah yang benar sangat penting untuk dilakukan sehingga menjadi tempat untuk belajar tentang pengelolaan sampah yang benar, memulai membangun kesadaran akan penanganan dan pengelolaan sampah dengan membentuk bank sampah berbasis pendidikan lingkungan. Bank Sampah Sejahtera ini berpotensi untuk tumbuh dan berkembang dengan konsisten melakukan kegiatan menabung sampah yang telah berlangsung.Downloads
Published
2021-12-12
How to Cite
Prasita Puspita Sari, Eva Lafiani, Sofiyatus Sholikhah, & Nur Ngazizah. (2021). Pendidikan Lingkungan Melalui Program Bank Sampah Sejahtera Sebagai Kepedulian Terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 35–40. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3104
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Prasita Puspita Sari, Eva Lafiani, Sofiyatus Sholikhah, Nur Ngazizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).