Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Pembelajaran IPA Di SMPN Satap 7 Ende

Authors

  • Maimunah H. Daud Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Flores
  • Yuliana Yenita Mete Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.24612

Abstract

Example Non Example  bagi peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA Terpadu materi Struktur daun di SMP SATAP Negeri 7 Ende  (2) bagaimanakah hasil belajar peserta didik kelas VII dalam pembelajaran IPA terpadu setelah menggunakan model pembelajaran Example Non Example di SMPN SATAP Negeri 7 Ende?. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dimana data kualitatif dikumpulkan dan dianalisis kemudian pengolahan data kuantitatif dengan berdasarkan masalah atau hasil kualitatif, dan terakhir diinterpretasikan berdasarkan data kualitatif dan kuantitatif. Setelah dilakukan analisis dan pengolahan data, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non Example dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN SATAP Negeri 7 Ende. Hal tersebut dapat dilihat dari pertemuan pada siklus I rata-rata 66 dan ketuntasan belajarnya hanya 70%, sedangkan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 71 dan mencapai 100% .

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Daud, M. H. ., & Mete, Y. Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Pembelajaran IPA Di SMPN Satap 7 Ende. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(5), 126–137. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.24612