Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Gender Siswa Di SMP Negeri 1 Tanjung Raya

Authors

  • Hatika Mutiasari uin bkt
  • Alfi Rahmi Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi
  • Dodi Pasila Putra
  • M. Arif Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i6.20081

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya siswa yang  kurang paham dengan gendernya yaitu belum memerankan dirinya sesuai gender dalam kehidupan dimana ada siswa yang gaya berbicara, pakaian dan sikapnya belum menunjukan sesuai gender. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku gender siswa. Ruang lingkup dalam penelitian ini untuk melihat perilaku gender siswa pada kelas IX. Penelitian ini adalah penelitian Pre Ekperimen model one group pretest-postest design, populasi adalah siswa kelas IX berjumlah 104 orang, sedangkan sampel penelitian adalah 10 orang. Pengambilan sampel siswa menggunakan teknik purposive sampling yaitu berdasarkan angket yang disebar dan berdasarkan saran dari guru bk. Instrument pengumpulan data adalah skala likert. Teknik analisa data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Z (wilcoxon) memperlihatkan perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Diketahui hasil uji wilcoxon  Sig p-value  sebesar 0,009 < ? (? =0,05) yang artinya Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok terhadap perilaku gender siswa. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Perilaku Gender

Downloads

Published

2023-12-02

How to Cite

Mutiasari, H. ., Rahmi, A., Putra, D. P. ., & Arif, . M. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Gender Siswa Di SMP Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(6), 12–17. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i6.20081