Pengaruh Penggunaan Media Video Modul Nusantara Mahasiswa PMM 2 terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Siswi Kelas VII SMP Sidorame Medan

Authors

  • Pontas J Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Imelda Br Siahaan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.19190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Video Modul Nusantara Mahasiswa PMM  2 terhadap kemampuan menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa-siswi kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah siswa 30 orang yang ditentukan dengan teknik sampling sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest dengan menggunakan media video modul nusantara, diperoleh nilai rata-rata pretest  44,5 dan posttest 80,66. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel berdistribusi Normal dan Homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan 5% yaitu dk = N1+N2, dk = 30+30 = 60-2 =58, df 58 diperoleh taraf signifikan 5 % = 1,667 Ttabel. Hal perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung > Ttabel = 52,8987 > 1,667. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pengaruh penggunaan media video modul nusantara di SMP HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Kata Kunci: Media Video Modul Nusantara, kemampuan menulis Teks

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Sitorus , P. J., Siahaan , I. . B., & Sitohang , T. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Modul Nusantara Mahasiswa PMM 2 terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Siswi Kelas VII SMP Sidorame Medan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(5), 45–53. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.19190