Upaya Meningkatkan Kompetensi Paedagogik Guru dalam Menyusun RPP dengan Penerapan Supervisi Akademik Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 di MAN 1 Padang Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.18514Abstract
Upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan dan kekurangannya, maka pembinaan yang terencana dan berkesinambungan dalam supervisi akademik melalui tehnik supervise kelompok dianggap lebih efektif karena setiap permasalahan yang ditemukan bisa langsung dicarikan solusi bersama dan waktunya bisa disesuaikan dengan kemampuan masing- masing guru. Untuk itu, kepala Madrasah sebagai supervisor dipandang perlu melaksanakan supervisi untuk meningkatkan kinerja para guru dalam menjalankan tugastugasnya sebagai seorang pendidik. Tujuan utama dari penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi Pedagogik guru di MAN 1 Padang Pariaman, dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi masing-masing pelajaran agar dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 14 orang guru dari rumpun bahasa dan guru PJOK di MAN 1 Padang Pariaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil kegiatan supervisi yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkansebagai berikut : Penerapan Supervisi Akademij dapat meningkatkan kinerja/kemampuan guru dalam menyusun RPP yang baik dan inovatis. Hal ini dapat dilihat dari semakin bagusnya pemahaman guru dari pembinaan yang diberikan oleh Kepala Madrasah (ratarata hasil kemampuan guru meningkat. Perbandingan terlihat Pada komponen merumuskan identitas, KI dan KD, indikator tujuan pembelajaran yang efektif sesuai dengan standar kompetensi mata pelajaran, terlihat peningkatan dari 59,96 % kemampuan awal, menjadi 72,51% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 92,42 %. Pada akhir kegiatan; Pada komponen Memilih materi dan sumber belajar, terlihat peningkatan dari 56,25 % pada kemampuan awal, menjadi 70,83% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 92,26 % pada akhir kegiatan; Pada komponen Menentukan media dan model pembelajaran yang mencapaian tujuan pembelajaran, terlihat peningkatan dari 56,55 % pada kemampuan awal, menjadi 70,24% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 91,96 % pada akhir kegiatan ; Pada komponen Menentukan metode dan skenario pembelajaran, terlihat peningkatan dari 56,10 % pada kemampuan awal, menjadi 71,28% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 92,11 % pada akhir kegiatan ; Pada komponen Menentukan penilaian yang tepat dan sesuai dengan kegiatan pembelajaran, terlihat peningkatan dari 56,55 % pada kemampuan awal, menjadi 70,83 % pada siklus 1 dan meningkat menjadi 92,86 % pada akhir kegiatan.Downloads
Published
2023-09-06
How to Cite
Amrizon, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kompetensi Paedagogik Guru dalam Menyusun RPP dengan Penerapan Supervisi Akademik Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 di MAN 1 Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(5), 1–9. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.18514
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Amrizon Amrizon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).