Apakah Program Sertifikasi Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Sungai Penuh?
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.18190Abstract
Kinerja guru di Indonesia merupakan topik yang kompleks dan bervariasi. Kinerja guru yang tinggi dapat berdampak terhadap peningkatan kualitas Pendidikan. Beberapa variabel diprediksi memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja guru, salah satunya program sertifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis capaian kinerja mengajar antara guru yang telah sertifikasi dan belum sertifikasi, selanjutnya kami juga menguji perbedaan aspek tersebut di antara kedua kelompok ini. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional survei secara online. Sebanyak 62 guru yang telah sertifikasi dan 53 guru yang belum sertifikasi berpartisipasi untuk mengisi skala kinerja guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah T-Test. Hasil penelitian menggambarkan bahwa skor kinerja mengajar guru yang telah sertifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan guru yang belum memiliki sertifikat pendidik. Pengujian hipotesis juga menunjukan adanya perbedaan kinerja mengajar pada dua kelompok ini. Penelitian ini memiliki implikasi penting terhadap peningkatan kinerja guru, serta sebagai bahan evaluasi program sertifikasi yang telah dilaksanakan selama ini. Pemerintah perlu mendorong guru yang telah sertifikasi agar memiliki kinerja yang tinggi. Program-program pelatihan khusus juga dapat diberikan kepada guru baik melalui mekanisme on-job training atau off-job training.Downloads
Published
2022-12-31
How to Cite
Meditamar, M. O. . (2022). Apakah Program Sertifikasi Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Sungai Penuh?. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13485–13493. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.18190
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhd. Odha Meditamar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









