Apakah Program Sertifikasi Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Sungai Penuh?

Authors

  • Muhd. Odha Meditamar IAIN Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.18190

Abstract

Kinerja guru di Indonesia merupakan topik yang kompleks dan bervariasi. Kinerja guru yang tinggi dapat berdampak terhadap peningkatan kualitas Pendidikan. Beberapa variabel diprediksi memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja guru, salah satunya program sertifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis capaian kinerja mengajar antara guru yang telah sertifikasi dan belum sertifikasi, selanjutnya kami juga menguji perbedaan aspek tersebut di antara kedua kelompok ini. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional survei secara online. Sebanyak 62 guru yang telah sertifikasi dan 53 guru yang belum sertifikasi berpartisipasi untuk mengisi skala kinerja guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah T-Test. Hasil penelitian menggambarkan bahwa skor kinerja mengajar guru yang telah sertifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan guru yang belum memiliki sertifikat pendidik. Pengujian hipotesis juga menunjukan adanya perbedaan kinerja mengajar pada dua kelompok ini. Penelitian ini memiliki implikasi penting terhadap peningkatan kinerja guru, serta sebagai bahan evaluasi program sertifikasi yang telah dilaksanakan selama ini. Pemerintah perlu mendorong guru yang telah sertifikasi agar memiliki kinerja yang tinggi. Program-program pelatihan khusus juga dapat diberikan kepada guru baik melalui mekanisme on-job training atau off-job training.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Meditamar, M. O. . (2022). Apakah Program Sertifikasi Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Sungai Penuh?. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13485–13493. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.18190