Pengaruh Servant Leadership dan Insentif Terhadap Motivasi Kinerja Guru di Sekolah Banbuketa Provinsi Narathiwat Selatan Thailand
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.18090Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi kinerja guru yang dapat ditingkatkan melalui servant leadership dan insentif. Peningkatan motivasi kinerja dalam penelitian ini diteliti menggunakan variabel bebas Servant Leadership dan insentif yang akan diuji pengaruhnya secara simultan dan pengaruhnya secara parsial dari masing-masing variabel bebas dengan menjadikan Motivasi kinerja sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan jenis kausal. Metode kuantitatif kausal adalah hubungan yang bersifat sebab-akibat. Jadi, dalam penelitian ini terdapat dua jenis variabel, yaitu variabel independen (variabel yang mempengaruhi) dan variabel dependen (variabel yang dipengaruhi). Tempat penelitian di Sekolah Banbuketa yang beralamat kampung Banbuketa No. 2, T. Lochut, A. Waeng, Ch. Narathiwat, SelatanThailand. Subyek yang diteliti adalah seluruh guru sebanyak 42 orang responden (sampling jenuh). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Inferensial, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis. Kedua variabel, Servant Leadership (X1) dan Insentif (X2), secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi Kinerja (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji F dimana nilai Fhitung sebesar 19.404 melebihi nilai F-tabel (3.232) pada taraf signifikansi 0.05. Selain itu, nilai koefisien determinasi sebesar 0.499 menunjukkan bahwa 49.9% variasi dalam Motivasi Kinerja dapat dijelaskan oleh kedua variabel bebas tersebut. Akhir dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi ke[ala sekolah untuk mengembangkan Servant Leadership dan insentif. Motivasi kinerja juga diharapkan lebih ditngkatkan".Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Abu, K. ., & Mustamid, M. (2023). Pengaruh Servant Leadership dan Insentif Terhadap Motivasi Kinerja Guru di Sekolah Banbuketa Provinsi Narathiwat Selatan Thailand. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 6066–6073. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.18090
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Kholed Abu, Mustamid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









