Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 MAN 1 Padang Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18060Abstract
Berdasarkan hasil belajar Siswa Kelas XI IPS-1 MAN 1 Padang Pariaman dalam mata pelajaran Ekonomi ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mendapatkan informasi tentang hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together di Kelas XI IPS-1 MAN 1 Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 39 orang peserta didik Kelas XI IPS-1 MAN 1 Padang Pariaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Padang Pariaman . Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 66.21% (Cukup) meningkat menjadi 85,82% (Baik) dengan peningkatan sebesar 19.62%.Downloads
Published
2023-08-22
How to Cite
Cendrawati, C. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 MAN 1 Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 520–526. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18060
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Cendrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).