Analisis Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Samuel Ndruru Universitas Nias
  • Yearning Harefa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18058

Abstract

Penelitian ini adalah kajian kepustakaan. Metode pembelajaran inquiry terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Meskipun demikian perlu dikaji lebih mendalam lagipenerapannya sesuai dengan teori yang sudah ditetapkannya. Untuk melakukan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan untuk mengetahui “Bagaimana kajian metode pembelajaran inquiry terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa? Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengkaji metode pembelajaran inquiry terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2). Untuk mengkaji pembelajaran inquiry terbimbing dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir lebih kritis.  Instrument pengumpulan data yaitu (1). Metode dokumentasi berbentuk tulisan jurnal, buku dan artikel-artikel lainnya, (2). Sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer dan sumber data lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian, (3). Analisis data yang digunakan yaitu analisis isi dan analisis induktif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa metode pembelajaran inquiry terbimbing dapat digunaka dalam sebuah bentuk pembelajaran, karena metode pembelajaran inquiry terbimbing dapat meningkatkan keaktifan, kecepatan dan pemahaman belajar siswa didalam kelas, menumbuhkan sikap positif, kepercayaan diri serta meningkatkan motivasi belajar yang menciptakan interaksi bermutu serta bermakna dalam mengikuti proses pembelajaran. Maka sesuai dengan perumusan masalah dapat ditarik kesimpulan bahwa “metode pembelajaran inquiry terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Ndruru, S., & Harefa, Y. . (2023). Analisis Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 686–702. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18058