Analisis Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18058Abstract
Penelitian ini adalah kajian kepustakaan. Metode pembelajaran inquiry terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Meskipun demikian perlu dikaji lebih mendalam lagipenerapannya sesuai dengan teori yang sudah ditetapkannya. Untuk melakukan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan untuk mengetahui “Bagaimana kajian metode pembelajaran inquiry terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa? Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengkaji metode pembelajaran inquiry terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2). Untuk mengkaji pembelajaran inquiry terbimbing dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir lebih kritis. Instrument pengumpulan data yaitu (1). Metode dokumentasi berbentuk tulisan jurnal, buku dan artikel-artikel lainnya, (2). Sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer dan sumber data lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian, (3). Analisis data yang digunakan yaitu analisis isi dan analisis induktif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa metode pembelajaran inquiry terbimbing dapat digunaka dalam sebuah bentuk pembelajaran, karena metode pembelajaran inquiry terbimbing dapat meningkatkan keaktifan, kecepatan dan pemahaman belajar siswa didalam kelas, menumbuhkan sikap positif, kepercayaan diri serta meningkatkan motivasi belajar yang menciptakan interaksi bermutu serta bermakna dalam mengikuti proses pembelajaran. Maka sesuai dengan perumusan masalah dapat ditarik kesimpulan bahwa “metode pembelajaran inquiry terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Downloads
Published
2023-08-25
How to Cite
Ndruru, S., & Harefa, Y. . (2023). Analisis Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 686–702. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18058
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Samuel Ndruru, Yearning Harefa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).