Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Yuprianto Gulo Universitas Nias
  • Wahyutra Adilman Telambanua Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18048

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui Pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu setelah menggunakan pembelajaran Pendekatan saintifik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Intrumen yang digunakan berupa lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut (1) pada siklus I (pertama) hasil obsevasi responden guru mencapai rata-rata 58% kategori cukup, sedangkan pada siklus yang II (kedua) mencapai rata-rata 89,6% kategori sangat baik. Hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I rata-rata sebesar 50,4% kategori cukup dan pada siklus II mencapai rata-rata sebesar 82,4% kategori sangat baik. (2) pada siklus I (pertama) rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62,9 % tergolong cukup sedangkan pada siklus II (kedua) rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79% tergolong baik. (3) persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I (pertama) sebesar 40% sedangkan persentase ketuntasan pada siklus II (kedua) sebesar 92%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII melalui Pendekatan saintifik SMP Negeri 3 Mandrehe tahun pelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Gulo, Y., & Telambanua, W. A. . (2023). Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 628–639. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18048