Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18048Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui Pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu setelah menggunakan pembelajaran Pendekatan saintifik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Intrumen yang digunakan berupa lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut (1) pada siklus I (pertama) hasil obsevasi responden guru mencapai rata-rata 58% kategori cukup, sedangkan pada siklus yang II (kedua) mencapai rata-rata 89,6% kategori sangat baik. Hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I rata-rata sebesar 50,4% kategori cukup dan pada siklus II mencapai rata-rata sebesar 82,4% kategori sangat baik. (2) pada siklus I (pertama) rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62,9 % tergolong cukup sedangkan pada siklus II (kedua) rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79% tergolong baik. (3) persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I (pertama) sebesar 40% sedangkan persentase ketuntasan pada siklus II (kedua) sebesar 92%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII melalui Pendekatan saintifik SMP Negeri 3 Mandrehe tahun pelajaran 2022/2023.Downloads
Published
2023-08-25
How to Cite
Gulo, Y., & Telambanua, W. A. . (2023). Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 628–639. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18048
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yuprianto Gulo, Wahyutra Adilman Telambanua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).