Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Yasibudi Lahagu Universitas Nias
  • Wahyutra Aldiman Telaumbanua Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa yang selama ini mengalami hambatan dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Acive Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa Tahun Pelajaran 2022/2023 dan (2) Agar dapat mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran Acive Learning pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-A dengan jumlah siswa 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa : (1) Hasil observasi untuk guru pada siklus I mencapai rata-rata 48,95%, sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran meningkat menjadi 89,58%. (2) Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai rata-rata 45,62% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,25%. (3) Hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 68,35 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,57. (4) Persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 35% dan siklus II mencapai sebesar 70%. Kesimpulannya bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan penerapan model pembelajaran Acive Learning di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Lahagu, Y., & Telaumbanua, W. A. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 618–627. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18017