Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18017Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa yang selama ini mengalami hambatan dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Acive Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa Tahun Pelajaran 2022/2023 dan (2) Agar dapat mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran Acive Learning pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-A dengan jumlah siswa 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa : (1) Hasil observasi untuk guru pada siklus I mencapai rata-rata 48,95%, sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran meningkat menjadi 89,58%. (2) Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai rata-rata 45,62% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,25%. (3) Hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 68,35 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,57. (4) Persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 35% dan siklus II mencapai sebesar 70%. Kesimpulannya bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan penerapan model pembelajaran Acive Learning di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa Tahun Pelajaran 2022/2023.Downloads
Published
2023-08-25
How to Cite
Lahagu, Y., & Telaumbanua, W. A. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 618–627. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18017
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yasibudi Lahagu, Wahyutra Aldiman Telaumbanua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).