Pengembangan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Menggunakan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Tuhemberua Satu Atap
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18016Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi di SMP Negeri 3 Tuhemberua Satu Atap, yang selama ini guru hanya menggunakan model pembelajaran yang monoton (ceramah, dan tanya jawab), yang membuat siswa merasa bosan dan kurangnya rasa sosialisasi, komunikasi dengan sesama peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran Teams Games Tournament menggunakan media teka-teki silang, untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan serta hasil belajar dalam pengembangan model pembelajaran Teams Games Tournament menggunakan media teka-teki silang. Hasil validasi materi oleh Validator I pada model pembelajaran Teams Games Tournament sebesar 92,5% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi materi oleh Validator II pada model pembelajaran Teams Games Tournament sebesar 100% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi oleh Validator bahasa pada model pembelajaran Teams Games Tournament sebesar 97,5% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi oleh Vallidator desain pada model pembelajaran Teams Games Tournament sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. Kepraktisan model pembelajaran Teams Games Tournament oleh guru sebesar 95% dengan kriteria sangat praktis, hasil belajar siswa pada model pembelajaran dengan ketuntasan belajar sebesar 95%.Downloads
Published
2023-08-25
How to Cite
Telaumbanua, T. S., & Laoli, E. S. . (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Menggunakan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Tuhemberua Satu Atap. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 603–617. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18016
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Titi Soniat Telaumbanua, Eka Septianti Laoli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).