Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas XII IPA 1 MAN 1 Padang Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17989Abstract
Hasil belajar siswa Kelas XII IPA 1 MAN 1 Padang Pariaman dalam mata pelajaran matematika sangat rendah. Siswa belajar kurang semangat, sulit untuk menjelaskan kembali materi yang sedang di ajarkan. Siswa terlihat malu untuk menyampaikan tanggapannya. Rata-rata hasil belajar matematika siswa berada dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XII IPA 1 MAN 1 Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 34 Orang peserta didik kelas XII IPA 1 MAN Padang Pariaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar hasil belajar matematika dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas XII IPA MAN 1 Padang Pariaman. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 32,35% meningkat menjadi 82,35% dengan peningkatan rata-rata sebesar 50%.Downloads
Published
2023-08-21
How to Cite
Yunis, H. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas XII IPA 1 MAN 1 Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 507–514. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17989
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Herlina Yunis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).