Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas XII IPA 3 MAN 1 Padang Pariaman

Authors

  • Riza Marlina MAN 1 Padang Pariaman

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17983

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa kelas XII IPA 3 MAN 1 Padang Pariaman dalam mata pelajaran Bahasa Inggris masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris melalui model pembelajaran  Word Square di kelas XII IPA 3 MAN 1 Padang Pariaman.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 33 orang peserta didik  kelas XII IPA 3 MAN 1 Padang Pariaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran  Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris  di MAN 1 Padang Pariaman. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63.18 (Cukup) meningkat menjadi  83.64 (Baik) dengan peningkatan sebesar 20.45%.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Marlina, R. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas XII IPA 3 MAN 1 Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 500–506. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17983