Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas XII IPA 3 MAN 1 Padang Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17983Abstract
Berdasarkan hasil belajar siswa kelas XII IPA 3 MAN 1 Padang Pariaman dalam mata pelajaran Bahasa Inggris masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris melalui model pembelajaran Word Square di kelas XII IPA 3 MAN 1 Padang Pariaman.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 33 orang peserta didik kelas XII IPA 3 MAN 1 Padang Pariaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di MAN 1 Padang Pariaman. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63.18 (Cukup) meningkat menjadi 83.64 (Baik) dengan peningkatan sebesar 20.45%.Downloads
Published
2023-08-21
How to Cite
Marlina, R. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas XII IPA 3 MAN 1 Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 500–506. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17983
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Riza Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).