Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2B SD Atisa Dipamkara 1 Melalui Penggunaan Alat Peraga atau Media Nyata Dalam Materi Pecahan

Authors

  • Agnes Dian Kartika Sari Universitas Terbuka
  • Yeni Widiyawati Universitas Ivet

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17934

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang materi-materinya seringkali dianggap sulit oleh peserta didik karena sifatnya abstrak, salah satunya materi pecahan. Kesulitan dalam memahami materi pecahan mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa cenderung kurang maksimal bahkan rendah. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah agar bisa diketahui dampak penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar siswa, sehingga penerapan alat peraga bisa dilakukan untuk memudahkan kegiatan pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tes tertulis, dan kualitatif melalui pengamatan pada saat kegiatan pembelajaran. Dari data nilai hasil belajar yang diperoleh siswa, terjadi peningkatan sebanyak 20% dari siklus 1 ke 2 dari 76% menjadi 96%. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yang baik dari 72,6 menjadi 82,6. Melalui pengamatan juga terlihat siswa lebih aktif, antusias dan semangat dalam kegiatan pembelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar materi pecahan siswa kelas 2B SD Atisa Dipamkara 1 dengan penggunaan alat peraga atau media nyata.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Sari, A. D. K. ., & Widiyawati, Y. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2B SD Atisa Dipamkara 1 Melalui Penggunaan Alat Peraga atau Media Nyata Dalam Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 484–493. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17934