Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2B SD Atisa Dipamkara 1 Melalui Penggunaan Alat Peraga atau Media Nyata Dalam Materi Pecahan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17934Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang materi-materinya seringkali dianggap sulit oleh peserta didik karena sifatnya abstrak, salah satunya materi pecahan. Kesulitan dalam memahami materi pecahan mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa cenderung kurang maksimal bahkan rendah. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah agar bisa diketahui dampak penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar siswa, sehingga penerapan alat peraga bisa dilakukan untuk memudahkan kegiatan pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tes tertulis, dan kualitatif melalui pengamatan pada saat kegiatan pembelajaran. Dari data nilai hasil belajar yang diperoleh siswa, terjadi peningkatan sebanyak 20% dari siklus 1 ke 2 dari 76% menjadi 96%. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yang baik dari 72,6 menjadi 82,6. Melalui pengamatan juga terlihat siswa lebih aktif, antusias dan semangat dalam kegiatan pembelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar materi pecahan siswa kelas 2B SD Atisa Dipamkara 1 dengan penggunaan alat peraga atau media nyata.Downloads
Published
2023-08-19
How to Cite
Sari, A. D. K. ., & Widiyawati, Y. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2B SD Atisa Dipamkara 1 Melalui Penggunaan Alat Peraga atau Media Nyata Dalam Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 484–493. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17934
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Agnes Dian Kartika Sari, Yeni Widiyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).