Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Kelas XI IPA 1 MAN 1 Padang Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17834Abstract
Aktifitas belajar siswa Kelas XI IPA1 MAN 1 Padang Pariaman dalam mata pelajaran fisika sangat rendah. Siswa belajar kurang semangat, sulit untuk menjelaskan kembali materi yang sedang di ajarkan. Siswa terlihat malu untuk menyampaikan tanggapannya. Bahkan untuk bertanya tentang apa yang mereka pelajari sangat sedikit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya peningkatan aktifitas belajar siswa dalam mata pelajaran fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan pendekatan kontekstual di kelas XI IPA 1 MAN 1 Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 34 Orang peserta didik kelas XI IPA 1 MAN Padang Pariaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktifitas belajar siswa yang terdiri dari tujuh indikator. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam mata pelajaran fisika di kelas XI IPA 1 MAN 1 Padang Pariaman. Aktifitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan. Persentase aktifitas belajar siswa pada siklus I adalah 58% (Cukup) meningkat menjadi 79%(baik) dengan peningkatan rata-rata sebesar 21%.Downloads
Published
2023-08-16
How to Cite
Sakirman, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Kelas XI IPA 1 MAN 1 Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 438–447. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17834
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sakirman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).