Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Kelas XI IPA 1 MAN 1 Padang Pariaman

Authors

  • Sakirman Sakirman MAN 1 Padang Pariaman

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17834

Abstract

Aktifitas belajar siswa Kelas XI IPA1 MAN 1 Padang Pariaman dalam mata pelajaran fisika sangat rendah. Siswa belajar kurang semangat, sulit untuk menjelaskan kembali materi yang sedang di ajarkan. Siswa terlihat malu untuk menyampaikan tanggapannya. Bahkan untuk bertanya tentang apa yang mereka pelajari sangat sedikit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya peningkatan aktifitas belajar siswa dalam mata pelajaran fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan pendekatan kontekstual di kelas XI IPA 1 MAN 1 Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 34 Orang peserta didik  kelas XI IPA 1 MAN Padang Pariaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktifitas belajar siswa yang terdiri dari tujuh indikator. Data dianalisis dengan menggunakan persentase.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam mata pelajaran fisika di kelas XI IPA 1 MAN 1 Padang Pariaman. Aktifitas belajar siswa  dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan. Persentase aktifitas belajar siswa pada siklus I adalah 58% (Cukup) meningkat menjadi  79%(baik) dengan peningkatan rata-rata sebesar 21%.

Downloads

Published

2023-08-16

How to Cite

Sakirman, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Kelas XI IPA 1 MAN 1 Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 438–447. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17834