Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) di Kelas V SD

Authors

  • Annisa Al Mardiyyah Universitas Negeri Padang
  • Rahmatina Rahmatina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17757

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kondisi ini disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga peserta didik di kelas V SDN 10 Sapiran Kota Bukittinggi kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Auditory, Intellectually, Repetition di kelas V SDN 10 Sapiran Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif serta dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V Sekolah Dasar dengan jumlah 23 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP  siklus I 84,7% (B), meningkat pada siklus II menjadi  94,4% (AB). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru  siklus I adalah 84,37% (B), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (AB). Pada aspek peserta didik siklus I yakni 84,37%(B), meningkat pada siklus II menjadi 93,75%(AB). Pada hasil belajar peserta didik rata-rata siklus I yakni 74,4% (C) meningkat pada siklus II menjadi 86,31% (B). berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 10 Sapiran Kota Bukittinggi.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Al Mardiyyah, . A. ., & Rahmatina, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 413–422. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17757