Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17625Abstract
Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di dunia pendidikan sekarang, khususnya di SMA Negeri 2 Ungaran peran guru BK dalam pembentukan karakter disiplin siswa terdapat siswa yang melakukan pelanggaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran guru BK dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMA Negeri 2 Ungaran.Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Responden penelitian ini adalah 3 guru BK dan 3 siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Ungaran. Data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa peran guru BK dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMA Negeri 2 Ungaran dengan memberikan layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok dan konseling individu dengan indikator-indikator peran guru BK seperti, informator, director, inisiator, evaluator, mediator, fasilitator. Kesimpulan dari peran guru BK adalah peran guru BK di SMA Negeri 2 Ungaran berada pada kategori baik. Ditunjukan adanya keberhasilan dalam pemberian layanan.Downloads
Published
2023-08-10
How to Cite
Indriyani, . W. ., Ismanto, . H. S., & Ajie, . G. R. . (2023). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 341–345. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17625
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Windi Indriyani, Heri Saptadi Ismanto, Gregorius Rohastono Ajie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).