Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran

Authors

  • Windi Indriyani Universitas PGRI Semarang
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI Semarang
  • Gregorius Rohastono Ajie Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17625

Abstract

Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di dunia pendidikan sekarang, khususnya di SMA Negeri 2 Ungaran peran guru BK dalam pembentukan karakter disiplin siswa terdapat siswa yang melakukan pelanggaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran guru BK dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMA Negeri 2 Ungaran.Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Responden penelitian ini adalah 3 guru BK dan 3 siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Ungaran. Data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa peran guru BK dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMA Negeri 2 Ungaran dengan memberikan  layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok dan konseling individu dengan indikator-indikator peran guru BK seperti, informator, director, inisiator, evaluator, mediator, fasilitator. Kesimpulan dari peran guru BK adalah peran guru BK di SMA Negeri 2 Ungaran berada pada kategori baik. Ditunjukan adanya keberhasilan dalam pemberian layanan.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Indriyani, . W. ., Ismanto, . H. S., & Ajie, . G. R. . (2023). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 341–345. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17625