Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Fisika SD (Lanjutan) Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17531Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Konsep Fisika Sekolah Dasar (Lanjutan). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terlaksana dalam 2 siklus dengan subyek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Universitas Karimun yang menempuh mata kuliah konsep fisika SD (Lanjutan) sebanyak 13 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observas dan angket, dengan perolehan data melalui observasi motivasi belajar siswa dan post-test sebagai bentuk prestasi dari pengaruh motivasi belajar dan dianalisis secara deskriptif. Penggunaan model pembelajaran problem solving (pemecahan masalah) dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dengan perbaikan pembelajaran di siklus II. Terjadi peningkatan motivasi mahasiswa pada lembar observasi dari siklus I sebesar 52,61% sedangkan siklus II sebesar 78,65% atau meningkat sebesar 26,04%. Sedangkan dari data angket motivasi mahasiswa sebesar 72,75%. Peningkatan prestasi belajar mahasiswa sebagai salah satu pengaruh motivasi belajar mahasiswa ditunjukkan dengan nilai rata-rata mahasiswa dari post-test siklus I dan siklus II yaitu 63,31 menjadi 84,13.Downloads
Published
2023-08-21
How to Cite
Meilina, F. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Fisika SD (Lanjutan) Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 515–519. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17531
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fitria Meilina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).