Tinjauan Terhadap Strategi Pengembangan Kurikulum Dan Implikasinya Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17517Abstract
Kurikulum pendidikan merupakan elemen kunci dalam proses pendidikan yang berperan dalam membentuk kompetensi dan kualitas peserta didik. Jurnal ini menyajikan tinjauan tentang desain kurikulum pendidikan, khususnya fokus pada strategi pengembangan kurikulum dan implikasinya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil dari analisis menyajikan beragam pendekatan dalam desain kurikulum pendidikan, seperti pendekatan berbasis kompetensi, pendekatan tematik, dan pendekatan berorientasi pada masalah. Selain itu, pendekatan-pendekatan tersebut dibahas dalam konteks kurikulum tingkat sekolah dasar, menengah dan perguruan tinggi. Strategi pengembangan kurikulum yang beragam ini membawa implikasi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa pendekatan berbasis kompetensi meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja, sementara pendekatan tematik dapat meningkatkan minat belajar siswa dan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu. Penggunaan beragam strategi pengembangan kurikulum memungkinkan pendidikan yang lebih relevan, menyenangkan dan efektif bagi siswa. Namun, perlu diakui bahwa desain kurikulum tidak statis dan harus selalu beradaptasi dengan perkembangan terkini dalam pendidikan dan kebutuhan masyarakat.Downloads
Published
2023-08-07
How to Cite
Nirwana, R., & Aly, H. N. (2023). Tinjauan Terhadap Strategi Pengembangan Kurikulum Dan Implikasinya Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 314–322. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17517
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rina Nirwana, Hery Noer Aly
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).