Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SDN 12 Bengkulu Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17455Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengatahui pengembangan kurikulum Pendidikan agama Islam di SDN 12 Bengkulu selatan berbasis pendekatan humanistic. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptipf. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Kemudian dalam menganalisis data peneliti melakukan reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan. Data yang diperoleh dicek keabsahan datanya melalui triangulasi sumber serta metode. Hasil penelitian ini berupa: Dalam usaha mengembangkan kurikulumnya SD 12 Bengkulu Selatan mempunyai orientasi kepada tujuan pendidikan SD 12 Bengkulu Selatan itu sendiri, yaitu meraih kesuksesan dunia dan kebahagian akhirat, ini semua terlihat jelas dengan pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh SD tersebut dalam bentuk inovasinya, seperti program sholat dhuha berjamaah dan baca tulis Al-qur'an.Downloads
Published
2023-08-06
How to Cite
Tusadia, A. ., & Aly, . H. N. (2023). Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SDN 12 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 254–260. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17455
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Annisa Tusadia, Hery Noer Aly
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).