Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kartu Angka Pada Kemampuan Kognitif Anak Di TK Negeri Sumay
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17438Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk Menghasilkan Produk Berupa Alat Permainan Edukatif Kartu Angka Untuk Anak Usia 4-5 Tahun, dan dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian anak pada berhitung angka, menyebabkan anak kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan penunjang pembelajaran yang mampu membuat anak tertarik dan mengikuti proses belajar mengajar yaitu media kartu angka. Jenis penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and Development merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut (Sugiyono, 2018). Menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahap pendefinisian meliputi analisis kebutuhan, analisis karakteristik anak, dan analisis materi.Tahap pengembangan dilakukan uji validasi, uji praktikalitas, dan uji coba efektivitas. Tahap penyebaran dilakukan di TK N Sumay. Hasil penilaian validasi APE kartu angka pada uji coba validasi oleh dua orang ahli mempunyai skor rata-rata 90% yang termasuk dalam kategori sangat valid, uji coba praktikalitas dengan skor rata-rata 92% yang dikategorikan sangat praktis, sedangkan hasil efektifitas dengan skor rata-rata 87% dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa APE kartu angka sangat sesuai dengan ketentuan di TK N Sumay dan memudahkan anak memahami pembelajaranDownloads
Published
2023-08-05
How to Cite
Novitasari, . A. ., Saputra, A. ., & Istiqomah, I. (2023). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kartu Angka Pada Kemampuan Kognitif Anak Di TK Negeri Sumay. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 243–247. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17438
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ana Novitasari, Agus Saputra, Istiqomah Istiqomah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).