Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kartu Angka Pada Kemampuan Kognitif Anak Di TK Negeri Sumay

Authors

  • Ana Novitasari Universitas Dharmas Indonesia
  • Agus Saputra Universitas Dharmas Indonesia
  • Istiqomah Istiqomah Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17438

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk Menghasilkan Produk Berupa Alat Permainan Edukatif Kartu Angka Untuk Anak Usia 4-5 Tahun, dan dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian anak pada berhitung angka, menyebabkan anak kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan penunjang pembelajaran yang mampu membuat anak tertarik dan mengikuti proses belajar mengajar yaitu media kartu angka. Jenis penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and Development merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut (Sugiyono, 2018). Menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahap pendefinisian meliputi analisis kebutuhan, analisis karakteristik anak, dan analisis materi.Tahap pengembangan dilakukan uji validasi, uji praktikalitas, dan uji coba efektivitas. Tahap penyebaran dilakukan di TK N Sumay. Hasil penilaian validasi APE kartu angka pada uji coba validasi oleh dua orang ahli mempunyai skor rata-rata 90% yang termasuk dalam kategori sangat valid, uji coba praktikalitas dengan skor rata-rata 92%  yang dikategorikan sangat praktis, sedangkan hasil efektifitas dengan skor rata-rata 87% dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa APE kartu angka sangat sesuai dengan ketentuan di TK N Sumay dan memudahkan anak memahami pembelajaran

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Novitasari, . A. ., Saputra, A. ., & Istiqomah, I. (2023). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kartu Angka Pada Kemampuan Kognitif Anak Di TK Negeri Sumay. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 243–247. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17438