Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here Di Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17366Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah disebabkan oleh proses pembelajaran tematik terpadu, guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya, dan peserta didik sulit untuk berpartisipasi aktif selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dilaksanakn 2 pertemuan dan siklus II dilksanakan 1 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata77,77% (B), siklus II 94,44%(SB), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata-rata 85% (Baik), siklus II rata-rata 92,5%(SB), c) pelaksanaan pada aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 81,25%(B) dan siklus II rata-rata 92,5%(SB), d) penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata 80,08 (C) dan siklus II dengan rata-rata 93,13 ( SB). Dapat disismpulkan bahwa menggunakan model ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Downloads
Published
2023-08-05
How to Cite
Sari, D. Y. ., & Eliyasni, R. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here Di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 224–229. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17366
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dilla Yuspita Sari, Rifda Eliyasni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).