Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1302 Hasahatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17124Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial atau yang dikenal sebagai IPS adalah pembelajaran yang menganalisis, dan mempelajari masalah sosial dari berbagai aktivitas dalam kehidupan sosial. Namun, permasalahan yang ditemukan dilapangan hasil belajar IPS siswa rendah masih dibawah KKM, hal ini dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang digunakan tidak tepat yaitu dengan menggunakan metode ceramah. Adapun metode yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mengembangkan pemikiran kritis serta komunikasi siswa dalam pembelajaran IPS adalah dengan menggunakan pembelajaran kelompok yaitu metode diskusi buzz group. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode diskusi buzz group terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1302 Hasahatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan pretets-postest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan tes tertulis, angket, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik dengan rumus t-test atau uji t. Dari hasil perhitungan berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung = 6,859 dibandingkan dengan ttabel= 2,100, maka thitung > ttabel (6,859 > 2,100). Hal ini berarti bahwa hipotesis diterima. Artinya, Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode diskusi buzz group terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1302 Hasahatan.Downloads
Published
2023-08-04
How to Cite
Harahap, N. ., Harahap, R. A. S. ., & Harahap, . I. . (2023). Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1302 Hasahatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 163–166. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17124
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nurhalimah Harahap, Rani Astria Silvera Harahap, Ismail Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).