Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1302 Hasahatan

Authors

  • Nurhalimah Harahap STAI Barumun Raya Sibuhuan
  • Rani Astria Silvera Harahap STAI Barumun Raya Sibuhuan
  • Ismail Harahap STAI Barumun Raya Sibuhuan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17124

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial atau yang dikenal sebagai IPS adalah pembelajaran yang menganalisis, dan mempelajari masalah sosial dari berbagai aktivitas dalam kehidupan sosial. Namun, permasalahan yang ditemukan dilapangan hasil belajar IPS siswa rendah masih dibawah KKM, hal ini dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang digunakan tidak tepat yaitu dengan menggunakan metode ceramah. Adapun metode yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mengembangkan pemikiran kritis serta komunikasi siswa dalam pembelajaran IPS adalah dengan menggunakan pembelajaran kelompok yaitu metode diskusi buzz group. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode diskusi buzz group terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1302 Hasahatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan pretets-postest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan tes tertulis, angket, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik dengan rumus t-test atau uji t. Dari hasil perhitungan berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung = 6,859 dibandingkan dengan ttabel= 2,100,  maka thitung > ttabel (6,859 > 2,100). Hal ini berarti bahwa hipotesis diterima. Artinya, Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode diskusi buzz group terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1302 Hasahatan.

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Harahap, N. ., Harahap, R. A. S. ., & Harahap, . I. . (2023). Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1302 Hasahatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 163–166. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17124