Pengaruh Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16791Abstract
Pendidikan adalah sebuah proses belajar melalui kegiatan yang tersedia dalam berbagai pengetahuan pemahaman tindakan berdasarkan permintaan yang ada di dalam kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan pada awal semester. Seorang pendidik dapat mendidik peserta didiknya dengan berbagai metode salah satu metode yang digunakan oleh pendidik atau guru yaitu metode belajar secara tidak langsung. Pada masa covid tentunya para siswa atau peserta didik tidak dapat hadir ke sekolah untuk mengikuti pelajaran dikarenakan adanya wabah pandemi pada masa itu kemudian apa yang harus dilakukan guru agar proses pembelajaran tetap berjalan? Apa yang harus dilakukan guru agar peserta didik tetap bisa belajar walaupun sedang berada di rumah? Guru akan menggunakan media pembelajaran lain seperti media pembelajaran video. Biologi adalah salah satu pelajaran yang ada di sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) dan perguruan tinggi. Di sekolah kita belajar biologi seperti biasa tetapi pada masa covid pemerintah memberikan penyuluhan untuk belajar di rumah atau daring. Maka media pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah media video pembelajaran biologi yang dibuat oleh guru itu sendiri atau video tersebut didapatkan melalui internet kemudian dikirim kepada peserta didik dan dan memberikan penyuluhan kepada peserta didik untuk menonton video tersebut belajar dari video tersebut kemudian membuat ringkasan dan memberikan tugas kepada peserta didik tersebut berdasarkan video dari materi pembelajaran biologi yang telah dikirim. Kata kunci: Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa.Downloads
Published
2023-07-27
How to Cite
Jayanti, U. N. A. ., Azri, R. N. ., & Pulungan, A. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 89–94. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16791
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ummi Nur Afinni Jayanti, Riza Nazila Azri, Anisah Hardini Pulungan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).