Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16742Abstract
Penelitian ini membahas problematika dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 4 Payakumbuh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, evaluasi belajar, dan wawancara dengan kepala sekolah, siswa, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan beberapa problematika dalam proses pembelajaran PAI, antara lain kurangnya keterampilan penyampaian materi dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, penggunaan media tradisional yang masih dominan, dan kurangnya kedisiplinan guru. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut termasuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyampaikan materi dan memanfaatkan teknologi, serta meningkatkan disiplin guru. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PAI di SMKN 4 Payakumbuh.Media pembelajaran di SMKN 4 Payakumbuh perlu ditingkatkan kembali karena masih banyak menggunakan media tradisional. Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 4 payakumbuh baik. Problematika dalam proses pembelajaran adalah kurangnya kedisiplinan guru. Berbagai upaya yang dilakukan untuk menanggulangi problematika dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, upaya yang dilakukan guru PAI dan kepala sekolah dapat memberikan rangsangan kepada siswa dan menarik minat siswa kepada pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan supaya pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat berjalan dengan baik.Downloads
Published
2023-07-21
How to Cite
Arifa, . Y. ., Kamal, . M. ., Wati, . S. ., & Aprison, . W. . (2023). Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 28–35. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16742
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yohana Arifa, Muhiddinur Kamal, Salmi Wati, Wedra Aprison
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).