Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Payakumbuh

Authors

  • Yohana Arifa Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal Universitas Islam Negeri Sjech M, Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmi Wati Universitas Islam Negeri Sjech M, Djamil Djambek Bukittinggi
  • Wedra Aprison Universitas Islam Negeri Sjech M, Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16742

Abstract

Penelitian ini membahas problematika dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 4 Payakumbuh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, evaluasi belajar, dan wawancara dengan kepala sekolah, siswa, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan beberapa problematika dalam proses pembelajaran PAI, antara lain kurangnya keterampilan penyampaian materi dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, penggunaan media tradisional yang masih dominan, dan kurangnya kedisiplinan guru. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut termasuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyampaikan materi dan memanfaatkan teknologi, serta meningkatkan disiplin guru. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PAI di SMKN 4 Payakumbuh.Media pembelajaran di SMKN 4 Payakumbuh perlu ditingkatkan kembali karena masih banyak menggunakan media tradisional. Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 4 payakumbuh baik. Problematika dalam proses pembelajaran adalah kurangnya kedisiplinan guru. Berbagai upaya yang dilakukan untuk menanggulangi problematika dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, upaya yang dilakukan guru PAI dan kepala sekolah dapat memberikan rangsangan kepada siswa dan menarik minat siswa kepada pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan supaya pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat berjalan dengan baik.

Downloads

Published

2023-07-21

How to Cite

Arifa, . Y. ., Kamal, . M. ., Wati, . S. ., & Aprison, . W. . (2023). Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 28–35. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16742