Pemikiran Pendidikan Islam Abdul Hamid AL-Katib
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16625Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan masyrakat muslim khususnya untuk meweujudkan cita-citanya melalui proses pendidikan semakin meningkat dan semakin berkualitas.Perubahan kebutuhan tersebut sebagai dampak dari tuntunan zaman yang semakin hari semakin bertambah kompleks. Hal tersebut yang menjadikan para intelekutal muslim terus berijtihad dalam memperbaiki pendidikan Islam.Sebagai ulama besar Abdul Hamid Al katib memiliki konsep pemikiran tersendiri mengenai pendidikan Islam. selanjutnya penulis menganlisi relevansi pemikiran Pendidikan Islam Abdul Hamid Al-Katib terhadap pendidikan Islam kontemporer.yang memiliki tujuan untuk mengetahui pemikiran Abdul Hamid Al katib tentang Pendidikan Islam serta sejauh mana relevansinya dengan Pendidikan Islam kontemporer.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk kepustakaan (library research). Data yang dikumpulkan menggunakan teknik studi pustaka. Hasil penelitian ini disajikan secara deskriptif analitik.Hasil penelitian ini adalah bahwa menurut Abdul Hamid Meningkatkan kualitas diri dengan ilmu dan akhlak, taat kepada Allah, dan menahan hawa nafsu, adalah pedoman untuk menjadi pemimpin agar sukses membawa rakyatnya kepada keridhaan Allah SWT.Dari penelitian ini penulis berharap untuk para pembaca atupun penulis lain untuk melakukan penelitian serupa sehingga dapat menambahkan data-data, sumber ataupun melakukan penelitian yang membahas namun aspek yang berbeda dari penelitian ini. Untuk menambah khasanah mengenai sosok Abdul Hamid Al katib. selain itu pemikiran beliau ini bagi saya sangat mengacu terhadap pemurnian Pendidikan Islam dengan melakukan pembinaan terhadapDownloads
Published
2023-07-14
How to Cite
Aisyah, A. (2023). Pemikiran Pendidikan Islam Abdul Hamid AL-Katib. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 8–13. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16625
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Azni Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).