Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Jam Sudut
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16524Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika materi sudut melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media jam sudut pada peserta didik kelas III SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang dilaksanakan oleh Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang, yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas III SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang pada materi sudut setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media jam sudut. Hal ini dibuktikan dengan persentase aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 81,6% dan pada siklus II meningkat sebesar 93,4%. Dimana persentase tersebut sudah berhasil melebihi indikator keberhasilan pada predikat baik (B) yang ditargetkan. Serta adanya ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 67,9%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 89,3%. Dimana ketuntasan tersebut juga telah melebihi indikator keberhasilan 70% yang ditargetkan. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Jam Sudut, MatematikaDownloads
Published
2023-07-24
How to Cite
Nisa’, R. ., Prasetyaningtyas, F. D., & Priyani, . D. . (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Jam Sudut. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 36–46. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16524
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rahmatun Nisa', Fitria Dwi Prasetyaningtyas, Dwi Priyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).