Pengaruh Model Pembelajaran Students Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sumbertebu

Authors

  • Anisatur Rodliyah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Muhummad Nuruddin, Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16438

Abstract

Tujuan pengumpulan data adalah guna melihat pengaruh model belajar Students Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Sumbertebu. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan tipe experimental design berupa one group pretest posttest design. Dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Pertemuan pertama pembelajaran tidak menggunakan model belajar STAD, pertemuan kedua menggunakan STAD. Sampel penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data adalah metode tes dan survey. Tes yang digunakan berupa pre-test dan posttest dengan jumlah soal 15 pilihan ganda dan 10 isian, sedangkan angket yang digunakan berbentuk pernyataan. Pengolahan data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16.0. Hasil akhirnya adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa pada perkalian dan pembagian desimal. Penelitian ini memberikan pengaruh yang signifikan yaitu 0,000 menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. Nilai angket menunjukkan rata-rata 92 yang berarti memiliki respon positif. Artinya terdapat pengaruh dan respon positif dari penggunaan model STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sumbertebu.

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Rodliyah, A., & Nuruddin, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Students Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sumbertebu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 18–24. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16438