Pengaruh Model Pembelajaran Students Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sumbertebu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16438Abstract
Tujuan pengumpulan data adalah guna melihat pengaruh model belajar Students Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Sumbertebu. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan tipe experimental design berupa one group pretest posttest design. Dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Pertemuan pertama pembelajaran tidak menggunakan model belajar STAD, pertemuan kedua menggunakan STAD. Sampel penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data adalah metode tes dan survey. Tes yang digunakan berupa pre-test dan posttest dengan jumlah soal 15 pilihan ganda dan 10 isian, sedangkan angket yang digunakan berbentuk pernyataan. Pengolahan data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16.0. Hasil akhirnya adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa pada perkalian dan pembagian desimal. Penelitian ini memberikan pengaruh yang signifikan yaitu 0,000 menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. Nilai angket menunjukkan rata-rata 92 yang berarti memiliki respon positif. Artinya terdapat pengaruh dan respon positif dari penggunaan model STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sumbertebu.Downloads
Published
2023-07-15
How to Cite
Rodliyah, A., & Nuruddin, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Students Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sumbertebu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 18–24. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16438
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Anisatur Rodliyah, Muhummad Nuruddin,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).