Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi

Authors

  • Daniar Asyari Universitas Pendidikan Indonesia, Cibiru
  • Dini Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia, Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1628

Keywords:

Moralitas, Humanistik, Globalisasi

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akhir-akhir ini semakin modern yang menuntut moralitas dan tingkat nasionalisme yang tinggi, karena ilmu tidak memiliki tingkat nasionalisme dan moralitas yang tinggi, yang membawanya pada pendidikan khususnya PKn telah kehilangan keutamaannya sebagai wadah humanistik. Beberapa orang memiliki pengetahuan yang baik tentang kewarganegaraan dan prestasi yang baik, tetapi tidak memberikan manfaat di lingkungan komunitas bahkan telah menjadi penyakit komunitas itu sendiri. Hal itu membahayakan eksistensi budaya dan nilai-nilai kemanusiaan karena ruh Nasionalisme dan moralitas rendah. Dampak negatif globalisasi yaitu perilaku tidak etis yang dilakukan oleh anak usia sekolah. Melalui siaran televisi dan media massa, bagaimana anak itu membunuh ayahnya dan ibunya sendiri, pecandu narkoba, mabuk-mabukan, bunuh diri dan masih banyak lagi. Hal tersebut menunjukkan bahwa pendidikan selama ini belum menyentuh ranah kesadaran siswa.

References

Abi, Antonius Remigius. 2017. “Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2(2): 89. Anggraini, Devi, Fauzal Fathari, Jordi Wahyu Anggara, and Muhammad Devon Ardi Al Amin. 2020. “Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial.†Jurnal

Inovasi Ilmu Sosial dan Politik 2(1): 16.

Apriani, An-Nisa, and Indah Perdana Sari. 2020. “Penguatan Karakter Nasionalisme Generasi Alphamelalui Living Values Education Program (LVEP).†LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) XI(2): 77

Anthony D Smith. 1998. Nasionalism and Modernism: A Critical Survey Of RecentTheories Of Nations and Nationalism.

Budimansyah, D dan Winataputra. (2007). Civic Education 'Konteks,Landasan,. Bahan Ajar, Dan Kultur Kelas. Bandung

Cogan, J. J. (1999). Developing the civic Society

: The Role of Civic Education. Bandung Darmiyanti, Tri. 2011. "Pengaruh Globalisasi

terhadap nilai-nilai nasionalisme".Jakarta Djahiri, K. Pendidikan nilai moral dalam dimensi pendidikan kewarganegaraan.

Bandung: Laboratorium PKn FPIPS UPI. 2006

Dj iwandono, J. Soedjati. 2000. “Globalisasi dan Pendidikan Nilai†dalam Sindhunata (Ed),Menggagas Paradigma Baru Pendidikan: Demokratisasi, Otonomi, Civil Society, Globalisasi.Yogyakarta: Kanisiu

Hafidh, Maksum, and Faisal Anwar. 2016. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme.†5(2): 9–10.

Halimah, Lili. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Nasionalisme Peserta Didik Sekolah Menengah Kota Cimahi.†Pedagogia : Jurnal Ilmu Pendidikan PENGARUH 16(3): 215

Kaelan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan.

Yogyakarta: Paradigma

Kohn, Hans.1984.Nasionalisme Arti dan Sejarahnya. Jakarta: Erlangga

Lestari, Aisyah Sri, Munifa Aini, and Anis Fuadah Z. 2019. “KIPRAH GENERASI MILENIAL PADA ERA 4.0 DALAM MEMBUMIKAN PANCASILA.†attadib

journal of elementary Education 3(2): 19. Lestari, Eta Yuni, Miftahul Janah, and Putri

Karima Wardanai. 2019. “Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai- Nilai Pancasila.†Adil Indonesia Jurnal 1(1): 26.

Suwito, Anton. 2014. “Membangun Integritas Bangsa Di Kalangan Pemuda Untuk Menangkal Radikalisme.†Jurnal Ilmiah CIVIS IV(2): 586.

Widiyono, S. 2019. “Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi S.†Jurnal Populika 7(1): 20.

Downloads

Published

2021-04-17

How to Cite

Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30–41. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1628

Issue

Section

Articles