Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay – Two Stray (Ts-Ts) di Kelas X.IPA 7 Man 2 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.16163Abstract
Berdasarkan aktivitas belajar siswa Kelas X.IPA 7 MAN 2 Kota Padang dalam Mata pelajaran Biologi masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang Peningkatan Aktivitas Belajar siswa dalam Mata pelajaran Biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray (TS-TS) di Kelas X.IPA 7 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 36 orang siswa Kelas X.IPA 7 MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaan two stay two stray (TS-TS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam Mata pelajaran Biologi di MAN 2 Kota Padang. Aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 71,77 (cukup) meningkat menjadi 81.62 (baik) dengan peningkatan sebesar 9.85Downloads
Published
2023-06-27
How to Cite
Efida, Y. . (2023). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay – Two Stray (Ts-Ts) di Kelas X.IPA 7 Man 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 397–403. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.16163
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yanti Efida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).