Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay – Two Stray (Ts-Ts) di Kelas X.IPA 7 Man 2 Kota Padang

Authors

  • Yanti Efida MAN 2 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.16163

Abstract

Berdasarkan aktivitas belajar siswa Kelas X.IPA 7 MAN 2 Kota Padang dalam Mata pelajaran Biologi masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang Peningkatan Aktivitas Belajar siswa dalam Mata pelajaran Biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray (TS-TS) di Kelas X.IPA 7  MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 36 orang siswa Kelas X.IPA 7  MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaan two stay two stray (TS-TS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam Mata pelajaran Biologi di MAN 2 Kota Padang. Aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 71,77 (cukup) meningkat menjadi 81.62  (baik) dengan peningkatan sebesar 9.85

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Efida, Y. . (2023). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay – Two Stray (Ts-Ts) di Kelas X.IPA 7 Man 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 397–403. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.16163