Persepsi Guru Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Stad
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15916Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji persepsi guru tentang penggunaan pendekatan kolaboratif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam pendidikan matematika tinggi. Pendekatan ini menekankan kerjasama antar siswa dalam kelompok, tujuan belajar, dan tanggung jawab individu dalam mencapai keberhasilan kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru secara umum bersikap positif terhadap penggunaan pendekatan kolaboratif STAD dalam pendidikan matematika di sekolah dasar. Mereka mengakui manfaat kolaborasi siswa-ke-siswa untuk meningkatkan pemahaman matematika, memperkuat keterampilan sosial, dan membantu siswa mengatasi rasa takut mereka terhadap matematika. Guru juga melihat bahwa pendekatan ini dapat merangsang partisipasi aktif siswa, memotivasi mereka untuk belajar dan meningkatkan kemandirian belajar. Namun, temuan penelitian juga mengungkapkan beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan pendekatan kooperatif tipe STAD. Beberapa tantangan tersebut meliputi manajemen kelas, alokasi waktu yang tepat, penilaian individual dan kelompok, serta pemilihan materi yang sesuai dengan pendekatan kooperatif. Selain itu, guru-guru juga mengungkapkan kebutuhan akan pelatihan dan dukungan yang lebih lanjut dalam mengimplementasikan pendekatan ini dengan efektif.Downloads
Published
2023-06-20
How to Cite
Firdaus, A. ., Anggraini, S. ., Sri Lena, M. ., & Sartono, S. (2023). Persepsi Guru Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 367–371. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15916
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Aditya Firdaus, Sulis Anggraini, Mai Sri Lena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).