Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas X.IPA 4 MAN 2 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15615Abstract
Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas X.IPA 4 MAN 2 Kota Padang dalam mata pelajaran Biologi ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi melalui Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) di Kelas X.IPA 4 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas X.IPA 4 MAN 2 Kota Padang dengan jumlah peserta didik 33 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada semester I (Ganjil) tahun ajaran 2022/2023 Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi di MAN 2 Kota Padang. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 57.82 (Cukup) meningkat menjadi 85.71 (baik) pada siklus II dengan peningkatan sebesar 27.89.Downloads
Published
2023-06-12
How to Cite
Nuryeni, N. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas X.IPA 4 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 320–325. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15615
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nuryeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).