Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pencapaian Identitas Diri Bidang Karier Siswa SMA

Authors

  • Siti Fatimah Hanun Universitas Riau
  • Tri Umari Universitas Riau
  • Elni Yakub Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15280

Abstract

Identitas diri dalam bidang karier merupakan keadaan pada saat remaja mengetahui kemampuan serta minat yang ia miliki, dan mampu mengenali peluang yang sesuai dengannya, hingga dapat berkomitmen akan suatu pilihan pekerjaan. Penelitian yang berjudul Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pencapaian Identitas Diri Bidang Karier, bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok bidang karier berpengaruh  terhadap peningkatan pencapaian identitas diri bidang karier aspek eksplorasi dan komitmen. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa yang berjumlah 12 siswa yang termasuk kedalam status status Identity Diffusion dimana siswa tersebut memiliki aspek eksplorasi dan komitmen yang berkategori rendah. Metode Pengumpulan data Angket / kuisioner pencapaian identitas diri bidang karier, setelah mendapatkan siswa yang termasuk kedalam status status Identity Diffusion selanjutnya siswa tersebut diberikan treatment berupa bimbingan kelompok untuk meningkatkan pencapaian identitas diri bidang karier. Hasil penelitian didapatkan sebelum diberikan treatment siswa yang termasuk dalam status pencapaian identitas diri bidang karier Identity Diffusion masih memiliki aspek eksplorasi dan komitmen dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment meningkat menjadi kategori tinggi pada aspek eksplorasi dan komitmen yang termasuk dalam status pencapaian identitas diri bidang karier Identity Achievement. Dapat disimpulakan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan pencapaian identitas diri bidang karier pada aspek eksplorasi dan komitmen.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Hanun, S. F. ., Umari, T. ., & Yakub, E. . (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pencapaian Identitas Diri Bidang Karier Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 335–343. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15280