Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Generatif Pada Siswa Kelas XII IPA.2 MAN 2 Kota Padang

Authors

  • Yusmal Yani MAN 2 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15119

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas XII IPA.2 MAN 2 Kota Padang dalam mata pelajaran PPKn ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Generatif di Kelas XII IPA.2 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 36 orang peserta didik  Kelas XII IPA.2 MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Generatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn di MAN 2 Kota Padang. Hasil belajar siswa  dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61.56 (Cukup) meningkat menjadi  86.64 (Baik) dengan peningkatan sebesar 25.08%.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Yani, Y. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Generatif Pada Siswa Kelas XII IPA.2 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 256–261. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15119