Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Discovery Materi Mengenal Struktur Bumi Kelas V SD Negeri 10 Selatpanjang Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15118Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA materi Mengenal Struktur Bumi siswa kelas V SD Negeri 10 Selatpanjang Tahun pelajaran 2020/2021 melalui penerapan metode discovery dengan media LKS dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 10 Selatpanjang tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data, member check, dan audit trail. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan hasil belajar prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar IPA dengan baik, yakni hanya sebesar 7 siswa (33,33%) yang dinyatakan tuntas. Setelah menggunakan metode discovery dengan media LKS, pada siklus I siswa telah mampu menunjukkan peningkatan motivasi belajar IPA sebanyak 16 siswa (61,90%). Demikian pula dengan siklus II, seluruh siswa telah mampu beraktivitas dengan baik dan dinyatakan tuntas sebanyak menjadi 20 siswa (95,24%). Peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar kondisi awal nilai rata-rata 57,14 menjadi 65,71 dan pada siklus kedua menjadi 72,38. Peningkatan ketuntasan belajar meningkat dari 4 siswa atau 19,05% menjadi 11 siswa atau 52,38% dan 90,48% atau 19 siswa pada siklus kedua. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery dengan media LKS terbukti mampu meningkatkan hasil belajar Kelas V SD Negeri 10 Selatpanjang tahun pelajaran 2020/2021, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya motivasi, hasil belajar dan ketuntasan klasikal hasil belajar IPA siswa sebelum dan sesudah diberikannya tindakan dengan penerapan metode discovery dengan media LKS.Downloads
Published
2023-05-29
How to Cite
Mamik, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Discovery Materi Mengenal Struktur Bumi Kelas V SD Negeri 10 Selatpanjang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 248–255. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15118
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mamik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).