Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Discovery Materi Mengenal Struktur Bumi Kelas V SD Negeri 10 Selatpanjang Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Mamik Mamik Guru Sdn 10 Selat Panjang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15118

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA materi Mengenal  Struktur  Bumi  siswa kelas V SD Negeri 10 Selatpanjang Tahun pelajaran 2020/2021 melalui penerapan metode discovery dengan media LKS dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 10 Selatpanjang tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data, member check, dan audit trail. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan hasil belajar prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar IPA dengan baik, yakni hanya sebesar 7 siswa (33,33%) yang dinyatakan tuntas. Setelah menggunakan  metode discovery dengan media LKS, pada siklus I siswa telah mampu menunjukkan peningkatan motivasi belajar IPA sebanyak 16 siswa (61,90%). Demikian pula dengan siklus II, seluruh siswa telah mampu beraktivitas dengan baik dan dinyatakan tuntas sebanyak menjadi 20 siswa (95,24%). Peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar kondisi awal nilai rata-rata 57,14 menjadi 65,71 dan pada siklus kedua menjadi 72,38. Peningkatan ketuntasan belajar meningkat dari 4 siswa atau 19,05% menjadi 11 siswa atau 52,38% dan 90,48% atau 19 siswa pada siklus kedua. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery dengan media LKS terbukti mampu meningkatkan hasil belajar Kelas V SD Negeri 10 Selatpanjang tahun pelajaran 2020/2021, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya motivasi, hasil belajar dan ketuntasan klasikal hasil belajar IPA siswa sebelum dan sesudah diberikannya tindakan dengan penerapan metode discovery dengan media LKS.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Mamik, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Discovery Materi Mengenal Struktur Bumi Kelas V SD Negeri 10 Selatpanjang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 248–255. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15118