Peningkatan Hasil Belajar Transformasi Geometri Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Metode Role Playing Kelas XI APL 1 SMKN 2 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15117Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika dengan merapkan metode Role Playing. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan metode role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas XI APL I SMKN 2 Pekanbaru. Penelitian ini diterapkan di SMKN 2 Pekanbaru, di Kelas XI APL I, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun 2022 pada semester ganjil. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI APLI sebanyak 34 orang siswa. Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator hasil belajar. Hasil penelitian pada bab Transformasi yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas XI APL I SMKN 2 Pekanbaru mata pelajaran matematika pada pokok bahasan transformasi meningkatkan hasil belajar matematika. Setelah dilakukan tindakan nilai rata-rata dari skor dasar 65, pada siklus I rata-rata 20.6 % yang tuntas dan pada siklus II nilai rata-rata 94.1 % yang tuntas sehingga dilihat adanya kenaikan nilai yang signifikan dan semua siswa sebanyak 32 orang tuntas karena nilai hasil belajarnya di atas nilai KKM, hanya 2 orang siswa yang masih remedial.Downloads
Published
2023-05-29
How to Cite
Susanti, E. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Transformasi Geometri Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Metode Role Playing Kelas XI APL 1 SMKN 2 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 243–247. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15117
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Elva Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).